Banner Ads 480X60

Jumat, 13 November 2015

Waspada peretasan akun BlackBerry ID Anda melalui pesan Broadcast berisi link video Phising

Posted by Daniel Ldt Ttnt on Jumat, 13 November 2015

Contoh chat minta pulsa dari
Blackberry ID yang sudah dihack
Beberapa waktu yang lalu, tiba-tiba salah satu leting Yhn yang bertugas di Lumajang, Jawa Timur chat/ hubungi saya melalui bbm isinya sebagai berikut:
Ohh iya bisa minta tolong sebentar. ! 
Gini bisa isikan sya dlu plza,soalnya aq lgi dijalan lgi ada urusan penting aqu inggin selsaikan jdi nga smpat isi plza.bisa tida bantu saya dlu..!!
Karena curiga, akhirnya saya hubungi ybs melalu telpon dan benar, menurut pengakuan Yhn sejak pagi dia tidak bisa login ke akun BlackBerry ID nya, ternyata akun BlackBerry ID nya  kena hack dan minta-minta pulsa ke seluruh kontak bbmnya. Akhirnya saya tidak menuruti permintaan akun BlackBerry ID Yhn yang sudah kena hack tersebut. Tidak beberapa lama, kemudian datang Broadcast Message dari akun BlackBerry ID Yhn yang sudah kena hack tersebut. Setelah saya teliti, patut diduga akun BlackBerry ID Yhn kena hack dengan cara Phising / Pengelabuan.
Menurut wikipedia :
Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.
Isi Broadcast lengkapnya sebagai berikut:
Pasangan Artis Aura Kasih bersama mantan pacar Mesum di Hotel Mega Jakarta Tertangkap Kamera akan berlanjut persidangan, dan bukti percakapan Blackberry Messenger, cepat dinonton sebelum linknya di blokir oleh RIM Blackberry Messenger dikarenakan video ini sangat rahasia Untuk melihat Video Kunjungi Alamat tersebut:http://blackberry-id-messenger.3eeweb.com/ 
#bantu bc ke teman yg lain yaa
Penampakan / screencapturenya seperti gambar di bawah ini
Broadcast Messsage dari
akun BlackBerry ID yang sudah dihack 
Jika korban / penerima Broadcast Message tidak menyadari, dia akan meng-klik link / url yang disertakan di Broadcast Message tersebut yang mirip ling BlackBerry ID yaitu http://blackberry-id-messenger.3eeweb.com/ jika diklik maka akan menuju halaman Phising yang seolah olah korban / penerima Broadcast Message harus Sign-in ke BlackBerry ID nya dengan mengetikkan username dan password di situs phising tersebut.

Tampilan situs phising dengan link
http://blackberry-id-messenger.3eeweb.com
Berikut adalah beberapa contoh Penampakan Tampilan Halaman Sign-in ke Blackberry ID yang asli dengan link / url https://blackberryid.blackberry.com/bbid/login/
Tampilan di Android halaman
Sign-in ke BlackBerry ID

Tampilan di Netbook halaman
Sign-in ke BlackBerry ID
Tips agar tidak menjadi korban phising :
  1. Waspada dengan Broadcast Message / link yang dikirim dari orang yang tidak dikenal maupun dari kontak yang dikenal yang ada di daftar kontak bbm Anda.
  2. Selalu perhatikan URL address bar ketika browsing di internet. Terutama jika ingin login akun Anda. Contohnya saja sudah jelas pada situs phising di atas, Tersangka menggunakan link yang mirip BlackBerry ID yaitu http://blackberry-id-messenger.3eeweb.com/ dengan tampilan halaman Phising yang seolah olah korban / penerima Broadcast Message harus Sign-in ke BlackBerry ID nya dengan mengetikkan username dan password di situs phising tersebut.
  3. Waspada jika ada URL dengan akhiran index.htm atau index.php, biasanya extension tersebut menggunakan script untuk langsung mengarahkan korban tanpa korban ketahui.
Silahkan di Share kepada teman dan kerabat untuk menghindari korban-korban penipuan.

Banner Ads 300X250
Previous
« Prev Post

16 komentar:

  1. Klo BBM id di hack gmn cara mengembalikannya atau menutup account BBM id nya mhn pencetahannya

    BalasHapus
  2. Kasusnya sama dengan BBM ku. Yg saat ini di hack org tk di kenal. Sampai sekarang. Mohon solusinya

    BalasHapus
  3. Saya mengalami dan sekarang sudah di hack...bisa dibantu pengembaliak akun nya gan....

    BalasHapus
  4. Sama saya juga hari ini di hack,di akun gmail saya,tiba2 minta log in sndri taunya pas saya log in pin bbm berubah dan kontak bbm sya hilang semua,sedangkan saat lihat di pp terakhir saya di bbm di hp orglain msh ada profile pict saya tp pinnya sudah berubah,dan ada pemberitahuan bhwa alamat gmail saya diganti,gmna biarbbsa terhapus total ya yg di hack itu

    BalasHapus
  5. Sama saya juga hari ini di hack,di akun gmail saya,tiba2 minta log in sndri taunya pas saya log in pin bbm berubah dan kontak bbm sya hilang semua,sedangkan saat lihat di pp terakhir saya di bbm di hp orglain msh ada profile pict saya tp pinnya sudah berubah,dan ada pemberitahuan bhwa alamat gmail saya diganti,gmna biarbbsa terhapus total ya yg di hack itu

    BalasHapus
  6. akun bbm saya barusan di hack gan minta tolong bantu gmna cara kembaliin akun saya

    BalasHapus
  7. Gimana cara ny yah akun BBM saya Bru aja di hack.udh buat menipu teman2 saya

    BalasHapus
  8. Gimna ya akun mengembalikan akun saya ,saya kena hack gitu juga_-

    BalasHapus
  9. Gimna ya akun mengembalikan akun saya ,saya kena hack gitu juga_-

    BalasHapus
  10. Sy jg baru di hack utk menipu n udah ada korban....tolong gmn cara ngembaliinnya ya

    BalasHapus
  11. Sy jg baru di hack utk menipu n udah ada korban....tolong gmn cara ngembaliinnya ya

    BalasHapus
  12. Akun bbm saya di hack. Id dan pass diganti mereka . Tolong solusinya

    BalasHapus
  13. Akun bbm saya di hack. Id dan password diganti. Tolong saya

    BalasHapus
  14. akun saya juga kena hack. tiba2 logout sndiri dan ga bisa buka, alamat email tdk bisa dikenali, padahal sudah ganti password email seketika itu juga. tp ternyata bbm lama yang kena hack masih beroperasi ngasih BC an olshop. T_T

    BalasHapus
  15. Akun bbm saya di hack. Id dan password diganti. Tolong saya

    BalasHapus
  16. Akun bbm saya di hack. Id dan password diganti. Tolong saya

    BalasHapus

Catatan : My Blog, My Rules
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Gunakan Bahasa yang Sopan, Hargai Orang Lain
- Tidak Diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam