Banner Ads 480X60

Rabu, 26 Agustus 2015

Mengenal Modus Kejahatan Penipuan "Kartu ATM Tertelan"

Posted by Daniel Ldt Ttnt on Rabu, 26 Agustus 2015


Pertama tama, saya mengucapkan terima kasih buat yang sudah share ulang Trit saya di kaskus mengenai Mengenal Modus Kejahatan Skimming, Teknik Penipuan Kartu ATM semoga dengan semakin banyak yang men-share ulang maka semakin banyak yang mengetahui tentang Modus Kejahatan Skimming dan bisa. Sama seperti permintaan saya sebelumnya, tolong share sebanyak mungkin biar lebih banyak lagi yang tahu tentang Modus Kejahatan ini dan tidak menjadi korban. Amiin... Jujur sejak dahulu saya mau membuat tulisan tentang modus kejahatan sebanyak mungkin tapi ketakutannya saya adalah justru jika tulisan saya dipakai untuk 'belajar' menjadi Pelaku. Tapi jika Gan Sis bersedia men-share sebanyak mungkin, sy yakin lebih banyak yang selamat. Logikanya jika di Indonesia dari total sekitar 250 juta penduduk, dan jika seandainya 90 juta pengguna ATM di Indonesia (Sumber http://www.cirebontrust.com/jumlah-pengguna-atm-dan-kartu-debit-diprediksi-capai-90-juta-di-tahun-2015.html ) mengetahui modus ini, maka ribuan Pelaku yang akan menjalankan modus ini juga tidak akan berhasil mendapat korban :D

Tulisan ini merupakan tulisan lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yaitu http://danielldt.blogspot.com/2015/08/mengenal-modus-kejahatan-skimming.html Ini versi "tradisional" PEMBOBOLAN atm tanpa menggunakan alat skimming dan kamera tersembunyi (kemungkinan penggunaan kamera tersembunyi sih masih ada untuk mengetahui PIN korban). Walaupun tergolong modus lama dan jadul, modus ini masih banyak menelan korban. Dalam kejahatan ini biasanya pelaku bergrak dalam kelompok untuk melaksanakan aksinya:

Berikut adalah cara kerja Komplotan Modus Kejahatan Penipuan  "Kartu ATM Tertelan" 
1. Pelaku satu bertugas "mengakali" mesin ATM (maaf untuk bagaimana caranya saya tidak saya jelaskan)
dan menempelkan stiker nomor operator palsu. (Pelaku satu bisa juga kemudian berperan menjadi Pelaku dua)

2. Korban yang terjebak, ketika bertransaksi di mesin ATM akan mendapati kartu ATM-nya tersangkut dalam mesin ATM.

3. Pelaku dua berpura pura menjadi nasabah bank yang ikut mengantri. Saat korban panik, Pelaku dua akan
menunjukkan nomor operator palsu yang tertempel di mesin ATM. Kemudian orang tersebut pura-pura pergi dan akan melakukan transaksi di ATM lain.

4. Pelaku tiga, berperan sebagai nasabah tambahan. Tugasnya meyakinkan korban untuk mengikuti saran dari pelaku dua agar menelpon ke nomor telepon palsu tadi. (Jika Pelaku dua berhasil meyakinkan korban, maka peran Pelaku tiga ini bisa ditiadakan)

5A. Pelaku empat, BERTUGAS UNTUK MENGETAHUI PIN ATM KORBAN berperan sebagai Call Center / operator bank palsu. Operator palsu ini akan berbicara seperti operator Costumer Service profesional dengan logat dan tutur kata yg sopan (mungkin kalau nasibnya beruntung, Tukul aja bilah kalah nih kalau jadi Host). Operator palsu menanyakan nomor rekening dan meminta nomor PIN. Alasannya untuk kepentingan pemblokiran kartu. Korban kemudian disuruh ke Bank untuk melapor, korban akan merasa tenang karena merasa kartu ATM telah terblokir.
Contoh kamera tersembunyi di kotak brosur
5B. Ada kemungkinan lain cara kedua Pelaku mengatahui PIN anda dengan memasang kamera pengintai seperti gambar di atas.

6. Ketika korban meninggalkan ATM, pelaku satu akan mengeluarkan/ mengambil kartu ATM dari mesin ATM

Setelah itu para pelaku akan menguras habisuang yang ada di tabungan sang korban. Oleh karena itu berhati-hatilah. Apapun yang terjadi dengan kartu ATM anda, jangan sekali-kali memberitahukan PIN anda karena Bank tidak pernah menanyakan PIN untuk keperluan apapun

Pengalaman Kaskuser http://www.kaskus.co.id/thread/539bb338128b4644268b461b/waspada-modus-penipuan-atm-kartu-tertelan-mesin-jumat-13-juni-2014

Tips aman untuk mengindari bahaya ATM setelah tertelan

– Jangan panik dan takut yang berlebihan
Pada saat ATM anda tertelan, anda harus bersikap wajar, seolah-olah tidak ada kejadian apapun terhadap ATM anda. Mengapa? Karena seperti saya ceritakan di atas, akan ada Pelaku yang berpura-pura peduli berusaha untuk membantu anda. Kenyataannya berbeda, mereka adalah komplotan Pelaku yang sengaja menunggu orang-orang yang menjadi korban ATM tertelan. Ia akan berpura-pura peduli dan mengarahkan agar anda menghubungi nomor Call Center palsu yang ditempel di lokasi.

– Segera blokir kartu ATM anda
Jika ATM tertelan, maka anda tidak perlu mengambil tindakan-tindakan apapun, segera keluar dari mesin ATM, dan anda mencari Bank sesuai Bank ATM yang tertelan. Apabila malam hari atau kondisi tidak memungkinkan untuk mendatangi Bank ATM anda. Masih ada solusi yang cepat meskipun memerlukan pulsa sedikit. Yaitu anda menelpon ke Call Center pusat dari Bank anda untuk meminta dilakukan pemblokiran terhadap ATM anda yang tertelan. Sebelum menelpon apa yang harus anda siapkan?

Pada saat menelpon dan melaporakan untuk di blokir kartu atm, anda akan ditanyakan beberapa pertanyaan yang harus bisa anda jawab yaitu: Siapa nama pemilik rekening, Berapa No rekeningnya dan untuk meyakinkan petugas Call Center ia akan menanyakan siapa nama ibu kandung anda. Apabia anda bisa menjawab dengan benar. Maka proses pemblokiran kartu ATM anda bisa dilakukan dari kantor pusat pada saat itu juga.
Mengapa anda akan ditanyakan nama ibu kandung anda? Karena apabila anda bukan pemilik rekening sebenarnya, maka anda tidak akan tahu siapa nama ibu kandung si pemilik rekening sebenarnya. Karena pada saat anda membuka buku tabungan atau rekening, persyaratan yang wajib anda isi adalah mengisi nama ibu kandung.
Berikut saya sertakan no telpon Call Center Bank yang bisa anda hubungi untuk melakukan pemblokiran kapan pun anda mau. Karena Call Center ini sangat bermanfaat untuk menghindari bahaya ATM setelah tertelan agar saldo anda tetap aman. Jangan takut, Ia melayani anda 24 jam dalam sehari. Untuk meyakinkan kebenaran dari NO telpon ini ada juga bisa mengecek No telpon yang tertulis di kartu ATM anda. (Catatan: Nomor telpon di bawah ini bisa langsung di telpon tidak perlu menggunakan kode daerah).

Daftar Nomor Telepon Call Center 
  • BCA 500888
  • BNI 500046
  • BRI 14017
  • PERMATA 500111
  • DANAMON 67777
  • BUKOPIN 14005
  • MUAMALAT 500016
  • CITIBANK 69999
  • BSM 14040
  • UOB 14008
  • MANDIRI 14000
  • CIMB NIAGA 14041
Setelah anda berhasil melakukan telpon dan meminta pihak Call Center untuk memblokir ATM anda, maka setelah itu ATM anda akan terblokir dan AMAN. Bagaimana untuk memunculkan ATM kembali. Anda datang ke Bank dan membawa beberapa persyaratan untuk memunculkan ATM baru, yaitu : Buku Rekening , KTP asli dan anda menandatangani surat pernyataan ATM tertelan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda untuk mengamankan dana pada rekening anda dimana ATM nya tertelan dan dana anda tetap aman tidak berkurang sedikit pun. Berhati-hati apabila ada orang yang berpura-pura baik yang ingin membantu anda untuk menyelesaikan urusan ATM anda yang tertelan. Usahakan urus sendiri.

Banner Ads 300X250
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan : My Blog, My Rules
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Gunakan Bahasa yang Sopan, Hargai Orang Lain
- Tidak Diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam