Banner Ads 480X60

Selasa, 25 Agustus 2015

Mengenal Modus Kejahatan Skimming, Teknik Penipuan Kartu ATM

Posted by Daniel Ldt Ttnt on Selasa, 25 Agustus 2015

image courtesy of detik.com
Kemarin malam saya melihat berita di salah satu Televisi Swasta tentang keberhasilan Polda Metro Jaya membekuk komplotan pembobol tujuh nasabah BCA yang mengakibatkan kerugian Rp.400 juta. Sebenarnya tahun lalu juga ribuan nasabah Bank Mandiri juga banyak yang menjadi koban dan demi keamanan, Bank Mandiri terpaksa memblokir kartu ATM nasabah yang menjadi korban dan selanjutnya diminta untuk mengganti kartu baru. Ternyata para pelaku melakukan kejahatan tersebut dengan metode skimming Lalu seperti apakah cara kerja pembobolan kartu ATM dengan metode skimming?

Apa Itu Skimming ?
Skimming / card skimming adalah aktivitas menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik (magnetic stripe) yang terdapat pada kartu kredit maupun ATM/debit secara ilegal. cara ini sudah mulai teridentifikasi sejak tahun 2009

Ini artinya, dapat disimpulkan bahwa skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM/debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban.

Alat Skimmer dan Kamera Pengintai
skema cara kerja alat skimmer image courtesy news.co.au

Tenik skimming dilakukan dengan cara mengggunakan alat yang ditempelkan pada slot mesin ATM (tempat memasukkan kartu ATM) dengan alat yang dikenal dengan nama skimmer dan Kamera Pengintai yang berfungsi untuk mengetahui PIN korban.

Contoh Alat Skimmer di ATM
Gambar di atas menunjukkan mesin ATM yang standar, lampu indikator tempat memasukkan kartu ATM berkedip, hal ini sangatb mudah dilihat. Catatan: Kebanyakan alat skimmer ketika dipasang akan mengaburkan lampu indikator temoat memasukkan kartu ATM, hal ini menjadi salah satu petunjuk penting jika mesin ATM patut dicurigai. 

Alat skimmer telah dipasang di mesin ATM

Modus operasinya adalah mengkloning data dari magnetic srtripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah. Sebagai informasi, magnetic stripe adalah garis lebar hitam yang berada dibagian belakang kartu ATM. Fungsinya kurang lebih seperti tape kaset, material Ferromagnetic yang dapat dipakai untuk menyimpan data (suara, gambar, atau bit biner). Secara teknis, cara kerjanya mirip CD writer pada komputer yang mampu membaca CD berisi data, kemudian menyalinnya ke CD lain yang masih kosong. Dan isinya dapat dipastikan akan sama persis dengan CD aslinya.

Alat Skimmer bukan satu-satunya alat yang digunakan oleh para pelaku skimming. Para pelaku biasanya juga memanfaatkan kamera pengintai (spy cam) untuk mengetahui gerakan jari nasabah saat memasukkan PIN kartu ATM. 
Beberapa Posisi Kamera Pengintai
Beberapa titik dari mesin ATM yang biasanya diletakkan Kamera Pengintai
Salah Satu Contoh Kamera Pengintai



Berikut sistematis cara kerja pelaku skimming :
  1. Pelaku mencari target mesin ATM yang ingin dipasangai skimmer. Kriteria yang dicari adalah mesin ATM yang tidak ada penjagaan kemanan, sepi dan tidak ada pengawasan kamera CCTV.
  2. Pelaku memulai aksi pencurian data nasabah dengan memasang alat skimmer pada mulut mesin ATM.
  3. Melalui alat skimmer para pelaku menduplikasi data magnetic stripe pada kartu ATM lalu mengkloningnya ke dalam kartu ATM kosong. Proses ini bisa dilakukan dengan cara manual, di mana pelaku kembali ke ATM dan mengambil chip data yang sudah disiapkan sebelumnya. Dan melhat hasil rekaman kamera pengintai. Atau bila pelaku sudah menggunakan alat skimmer yang lebih canggih, data-data yang telah dikumpulkan dapat diakses dari mana pun. Umumnya data dikirimkan via SMS.
Berikut salah satu video tentang Skimming di YouTube


Tips Aman bertransaksi ATM

1. Perhatikan Lokasi ATM
Perhatikan lokasi ATM yang akan dipakai, para pelaku ini jarang beraksi di lokasi yang berada dicakupan Bank karena biasanya ada satpam maupun kamera yang siap untuk merekam setiap gerak-gerik di lokasi tersebut. ATM di tempat ramai seperti pusat perbelanjaan juga masih termasuk aman.

Hindari menggunakan ATM di daerah redup dan malam hari. Hindari ATM drive-through di mana Anda kurang memperhatikan keadaan sekitar akibat merasa diburu pengemudi di belakang Anda.

2. Perhatikan kondisi ATM
Anda harus memperhatikan dengan seksama ATM untuk memastikan keaslian slot kartu dan bukan tempelan. Terutama ketika sejumlah orang merasakan keanehan ketika memasukkan kartu ke ATM. Skimmer bisa jadi terpasang menutupi lubang tempat Anda memasukkan kartu ATM jika Anda tidak dapat melihat lampu LED berkedip di mulut lubang. 

3. Hati-hati saat menekan PIN
Meski tidak ada orang lain saat berada di ATM, Anda tetap harus selalu waspada. Kamera tersembunyi bisa saja sedang memantau aktivitas, termasuk mengetahui password Anda. Perhatikan kotak berisi brosur yang dapat menyembunyikan keberadaan kamera pengintai yang dapat menangkap nomor rahasia (PIN) Anda. Karena itu, saat menekan PIN ATM, Anda harus menutupnya dengan tangan. Hal ini bisa mencegah pencuri mengetahui PIN Anda.

Bila memang dalam kondisi ramai, lihat-lihat juga ke arah sekeliling Anda, pastikan tidak ada hal yang mencurigakan, baik itu benda maupun manusia. Itulah juga maksud dibuatnya kaca cembung kecil untuk melihat ke arah belakang yang di taruh pada mesin-mesin ATM.

Saat akan menekan PIN, pastikan jari Anda terlindungi dari sisi-sisi yang diperkirakan bisa terlihat. Satu tangan menekan tombol dan tangan lain untuk menutupi. Beberapa Bank sudah membuat penutup pada bagian tombol PIN ATM untuk mencegah konsumennya lupa melakukan hal tersebut.

4. Jangan Panik !!!
Bila terjadi masalah seperti kartu Anda “tertelan” di mesin ATM, JANGAN PANIK. Bila ada orang asing yang menganjurkan Anda untuk memasukkan password JANGAN DILAKUKAN, cobalah untuk menekan tombol cancel / batal dan bila kartu masih belum keluar datangi lokasi terdekat Bank Anda & selalu siap dengan menyimpan nomer operator / call center dari Bank Anda pada notes ataupun handphone. Karena dibeberapa kasus ada yang sengaja menempelkan nomer palsu pada badan ATM yang ternyata adalah nomer telpon palsu (sindikat dari penjahat, tersebut, cara ini dilakukan jika pelaku tidak memasang kamera pengintai, hanya alat skimmer saja).

5. Periksa saldo rekening dan Ganti PIN secara teratur
Anda harus memeriksa saldo rekening secara teratur. Dengan begitu Anda bisa segera mengetahui jika ada transaksi penarikan uang yang aneh. Pengguna kartu kredit biasanya lebih mudah mengetahui bahwa telah menjadi korban kejahatan. Karena tagihan kartu kredit biasanya selalu dikirimkan secara teratur.

Jadi mulai sekarang tidak usah terlalu kuatir sekali untuk bertransaksi melalui mesin ATM, yang penting tetap teliti dan waspada dengan kejanggalan-kejanggalan yang ada. Semoga berguna. Secara bertahap nanti akan saya update mengenai bentuk alat skamming dan kamera pengintai lainnya.

Banner Ads 300X250
Previous
« Prev Post

9 komentar:

  1. Cara Mendapatkan Kartu Atm Blank yang Urgent .... selama bertahun-tahun saya sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
    saya kehilangan pekerjaan saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tapi sangat beruntung bagi saya, saya mendapatkan kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tapi saya hanya mencobanya dan bekerja dengan baik. keren seperti sihir, dan saya bisa menarik cukup uang dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apapun.
    Saya sangat diberkati untuk memiliki kartu ini dengan saya, saya sering melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
    jika Anda memerlukan kartu ATM nyata kosong untuk membantu Anda mengatasi masalah pendapatan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com atau whataspp_number +2348108409977.
    maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
    ThanK Tuhan untuk hidup.

    BalasHapus
  2. Kami adalah tim carding profesional dengan cincin besar di seluruh dunia. Dengan lebih dari 2 juta ATM yang terinfeksi malware dan skimmer kami, kami dapat mengambil data kartu bank yang mencakup track 1 dan track 2 dengan pin kartu. Kami pada gilirannya mengkloning kartu ini dengan menggunakan data grabbed menjadi kartu ATM nyata yang bisa digunakan untuk menarik diri di ATM atau menggeseknya di toko dan POS. Kami menjual kartu ini kepada semua pelanggan dan pembeli yang berminat di seluruh dunia, kartu tersebut memiliki batas penarikan harian sebesar $ 2500 di ATM dan batas pengeluaran hingga $ 50.000 di toko.
    pesan sekarang: Hubungi kami: atmhacker43@gmail.com, whatsApp: +2349034128196

    Berikut daftar harga kami untuk KARTU ATM:
    NERACA: HARGA
    $ 10.000: $ 500
    $ 20.000: $ 1000
    $ 35.000: $ 1700
    $ 50.000: $ 2500
    $ 100.000: $ 5000

    Harga sudah termasuk ongkos kirim dan ongkos kirim, pesan sekarang: Hubungi kami; atmhacker43@gmail.com whatsApp: +2349034128196

    BalasHapus
  3. Cara Mendapat Kartu ATM Kosong yang Mendesak .... selama bertahun-tahun saya sudah sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
    Saya kehilangan Job saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tetapi sangat beruntung bagi saya saya mendapat kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tetapi saya hanya mencobanya dan itu bekerja cukup keren seperti sulap, dan saya dapat menarik uang yang cukup dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apa pun.
    Saya sangat beruntung memiliki kartu ini dengan saya, saya selalu melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
    jika Anda membutuhkan kartu ATM kosong untuk membantu Anda keluar dari masalah penghasilan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com
    maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
    ThanK God for life.

    BalasHapus
  4. Jadilah kaya dengan cepat. Miliki BLANK ATM CARD dan Anda bisa
    dapat menarik uang hingga $ 100,000 dimana saja
    Di dalam dunia. BLANK ATM CARD ini memiliki beberapa perangkat lunak
    paket yang diprogram di dalamnya yang memungkinkan
    akses ke ATM manapun di dunia tidak masalah
    paket keamanan dan juga memungkinkan
    untuk menarik sejumlah uang tergantung pada perangkat lunak
    kategori yang dimiliki KARTU. KARTU ini juga memiliki akses ke debit
    Perusahaan sektor publik Eropa hingga 45% dari total akun mereka
    keseimbangan. Ketika Anda mengajukan permohonan untuk mendapatkan KARTU ini, itu akan ditempatkan pada
    pengiriman kepada Anda menggunakan FedEx dan dalam waktu 7 hari Anda akan mendapatkan kartu Anda
    dimanapun di dunia.
    Ini sangat nyata dan prosesnya sangat mudah.
    Berikut adalah daftar harga untuk KARTU ATM
    BALANCE: PRICE
    10.000: $ 500
    20.000: $ 700
    35.000: $ 1.200
    50.000: $ 2.000
    100.000: $ 3500.
    Email: -onlineblankatm@gmail.com untuk menerapkan Anda juga dapat menambahkan kami di WhatsApp 'dengan nomor ini +2348104857337
    untuk kartu ini.
    SALAM HORMAT

    BalasHapus
  5. Jadilah kaya dengan cepat. Miliki BLANK ATM CARD dan Anda bisa
    dapat menarik uang hingga $ 100,000 dimana saja
    Di dalam dunia. BLANK ATM CARD ini memiliki beberapa perangkat lunak
    paket yang diprogram di dalamnya yang memungkinkan
    akses ke ATM manapun di dunia tidak masalah
    paket keamanan dan juga memungkinkan
    untuk menarik sejumlah uang tergantung pada perangkat lunak
    kategori yang dimiliki KARTU. KARTU ini juga memiliki akses ke debit
    Perusahaan sektor publik Eropa hingga 45% dari total akun mereka
    keseimbangan. Ketika Anda mengajukan permohonan untuk mendapatkan KARTU ini, itu akan ditempatkan pada
    pengiriman kepada Anda menggunakan FedEx dan dalam waktu 7 hari Anda akan mendapatkan kartu Anda
    dimanapun di dunia.
    Ini sangat nyata dan prosesnya sangat mudah.
    Berikut adalah daftar harga untuk KARTU ATM
    BALANCE: PRICE
    10.000: $ 500
    20.000: $ 700
    35.000: $ 1.200
    50.000: $ 2.000
    100.000: $ 3500.
    Email: -onlineblankatm@gmail.com untuk menerapkan Anda juga dapat menambahkan kami di WhatsApp 'dengan nomor ini +2348104857337
    untuk kartu ini.
    SALAM HORMAT

    BalasHapus
  6. .... MEMBUAT UANG DENGAN ATM CARD BLANK TAHUN INI ....
    MEMILIKI ANDA MENGGUNAKAN APA KAD ATM BLANK KAMI? MENGAPA TIDAK MELAKUKAN TAWARAN ANDA BANTUAN INI ...

    Mengeluarkan wang tunai secara bebas dari mesin ATM di seluruh dunia tanpa risiko. Dengan kad ATM kosong pintar, kini anda boleh mengatakan "BYE" terakhir kepada kemiskinan, dengan wang sebenar mencurahkan mesin ATM !! Kad kami boleh mengeluarkan maksimum $ 100,000 setiap minggu. Kad-kad ini diprogramkan dengan perisian berteknologi tinggi yang menjadikannya tidak dapat dikesan oleh mana-mana satelit pemantauan kamera, walaupun anda harus menggunakan kad di mana saja di dunia.

    BERMINAT?

    Hubungi surat pejabat kami (vanalfons222@yahoo.com) untuk maklumat lanjut tentang cara mendapatkan kad kosong dan mereka juga memberikan kad dengan kadar faedah yang rendah, terima kasih ..

    BalasHapus
  7. Bir arkadaş hayatını ve bir aile üyesini kurtarmak için satın almak için sabırsızlanıyoruz. Mali yıkım nedeniyle böbreğinizi satmayı mı düşünüyorsunuz? Ya da sağlık hizmetleri masrafları için nakit para ya da borçlar ya da iyi bir fiyat ödemeniz gerekiyor mu? Bu, 800.000 dolarlık dolara satma fırsatı mı? Bize mümkün olan en kısa sürede mesaj gönderin. Şu anda böbrekleri alıp satıyoruz. Hastanemiz ayrıca böbrek ve karaciğer cerrahisinde uzmanlaşmıştır ve şu anda yaşayan ve karşılık gelen bağışçılarla sağlıklı Böbreklerin satın alınması ve satılması için diğer uluslararası hastanelerle işbirliği halindeyiz. Biz Hindistan, Kanada, İngiltere, Pakistan, Çin, Şili Türkiye, ABD, Malezya, Tayland, Columbia vb.
    Böbrekleri satmak veya satın almakla ilgileniyorsanız tereddüt etmeyin
    Email ile bize ulaşın: doctorcollins3@gmail.com
    Orijinal Donörler / satmak / Alıcılar Gerekli
    Saygılarımla….
    Dr Collins.

    BalasHapus
  8. +2349034128196 adalah berry hooker dan juga bernama jennifer dia hanya seorang penipu.banyak modus yang digunakan antara lain dengan cara ATM HACKING dan keanggotaan ILUMINATI. dia berasal dari NIGERIA dan banyak jaringanya. bagi orang indonesia jangan pernah mempercayai mereka. mereka hanya seorang penipu dengan julukan Scaming Nigeria 419. waspada jangan sampai anda tertipu hanya untuk mendapatkan uang instan

    BalasHapus
  9. Hai teman-teman!!! Saya memiliki kesetiaan saya. Kartu ATM saya yang kosong dapat menarik $5.000 per hari. Saya mendapatkan ini dari Tuan Georg Rabu lalu dan sekarang saya punya €10.000 gratis. Kartu tersebut menarik uang dari ATM mana pun dan tidak ada namanya, tidak dapat dilacak dan sekarang saya memiliki cukup uang untuk saya dan 4 anak saya. Saya senang bertemu dengan Tuan Georg karena saya bertemu dua orang sebelumnya dan mengambil uang saya tanpa mengetahui bahwa itu adalah penipuan. Tapi aku bahagia sekarang. Pak Georg mengirim kartu itu melalui DHL dan saya mendapatkannya dalam dua hari. Dapatkan salah satu dari dia sekarang. Begini, itu adalah pemberian untuk membantu orang, meskipun itu ilegal, tapi itu sangat membantu dan tidak ada seorang pun yang tertangkap. Kartu ini berfungsi di semua negara di seluruh dunia. Cepat dan kirim email melalui georgbednorzhackers @ gmail. com SMS, telepon, atau WhatsApp: +1(262)355-8285 Layanan lain yang ditawarkan adalah: Mengkloning kartu ATM Meretas ATM Bitcoin dengan kartu malware Memulihkan Cryptocurrency yang Hilang atau Dicuri Meretas transfer Western Union, transfer MoneyGram, transfer Bank, transfer PayPal, transfer aplikasi tunai Pulihkan Media Sosial yang Diretas: Facebook, Instagram, Snapchat, TikTok, Gmail, Yahoo mail, dan situs web.

    BalasHapus

Catatan : My Blog, My Rules
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Gunakan Bahasa yang Sopan, Hargai Orang Lain
- Tidak Diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam